Struktur Data dan Algoritma :”)

“Eh lagi ngapain? Ngerjain SDA? Ikutan dong, ajarin yaaa”

Kuliah pengen libur, libur pengen kuliah. Sesekali memang aku merasa seperti itu. Manusiawi sih kalau menurutku, hehehe. Kali ini ceritanya aku lagi kangen aktivitas – aktivitas di kampus. Aktivitas belajar dan segala embel – embelnya. Eh tapi sebenarnya aku kangen sama teman – teman di kampus sih. Ya apa artinya kalau di kampus ngapa – ngapain cuma sendirian. Ya nggak? 😉

Dalam satu semester kemarin, ada satu mata kuliah yang menurutku sensasinya “WOW” banget. Buktinya kata “wow” sampai aku format bold, italic, dan underline. Segitu wow nya kah? Kalau menurutku sih iya, mungkin teman – temanku memunyai anggapan yang berbeda. Jadi kenapa aku anggap sebagai mata kuliah yang wow? Let the story begin.

Mata kuliah yang kuanggap wow itu namanya..(jeng jeng jeng).. SDA! Kalau Anda mahasiswa Fasilkom UI, pasti tau dong mata kuliah ini. Aku akan menceritakan bagaimana SDA bisa menjadi wow di mata dan pikiranku. SDA itu Struktur Data dan Algoritma. Di dalam mata kuliah ini kami diajari teknik dasar untuk abstraksi data, algoritma akses dan manipulasi struktur abstraksi tersebut, serta analisis kompleksitasnya. Aku mulai denger desas – desus makul ini waktu semester 1 pertengahan. Tepatnya saat tugas DDP (Dasar – Dasar Pemrograman) mulai banyak. Tugas besar jumlahnya  4 sih, tapi kuis dan embel – embel di balik tugas itu juga nggak kalah banyak. (tapi SDA ternyata lebih wow, dan mungkin nanti aku akan menghadapi yang lebih wow lagi :”> ). Oke kembali ke benang merah. Ya saat itu mungkin aku sedang jenuh – jenuhnya menghadapi tugas DDP (dan mata kuliah lain) hingga seorang senior bilang “Tenang aja, nanti kalian bakal ngerasain yang namanya SDA. Sensasinya lebih hmmmm”.  Aku cuma bisa melongo dan nggak bisa ngebayangin apa yang dibilang kakak itu. Anggapanku saat itu sih positif aja, kakak itu mau motivasi adik – adiknya yang lagi banyak tugas, biar semangat ngejalaninnya.

Setelah semester pertama dan liburan berakhir, mulailah petualangan saya dan teman – teman @Kawung2011. Tentu saja petualangan dengan SDA yang menjadi topik hangat malam ini. Oh ya, aku masuk kelas SDA E, yang ngajar Pak Bayu Distiawan. Pas masuk kelas pertama kali, langsung “WOW!” Gila ini kelas isinya dewa semuaaaaaaaaa. Oke positive thinking. Enak to, banyak yang bisa ditanya kalau nggak ngerti. Kuliah pertama diisi dengan penjelasan awal SDA itu apa, peraturan kelas, dan sedikit gambaran kita nanti mau ngapain di kelas SDA ini. Standar aja sih seperti mata kuliah lain, dan seingatku Pak Bayu membubarkan kelas setengah jam lebih awal.

Petualangan kami dimulai saat kami harus mengerjakan latihan pemrograman (di sini namanya worksheet, singkatnya WS). Dalam 1 semester ini, ada 7 WS yang harus kami kerjakan. Jadi soal WS itu biasanya keluar hari Senin sore, dan aku dapat jatah ngumpulin hari Rabu jam 6 sore. Biasanya setelah soal WS keluar, perpus Fasilkom rame anak Kawung yang ngerjain WS. Kalau belum bisa, minta ajarin yang udah bisa. “Eh lagi ngapain? Ngerjain WS ya? Ajarin dooong..”  Kayaknya sih setiap ada soal WS keluar, tiada hari tanpa ngoding #eh.

WS memang ada yang gampang, ada yang susaaaaaaah banget. WS 1, WS 2, WS 3 masih lancar – lancar aja sepertinya. Kalau nggak salah WS 4 yang mulai agak “hmmmmmm”. Di WS 4 banyak banget dari kami yang nggak bisa sempurna. Padahal udah bercucuran keringat ngerjainnya, tapi tetep aja ada kasus spesial yang belum bisa diatasi atau masih error. WS berikutnya yang paling WOW adalah WS 7, yaitu WS yang terakhir. Karena susah itulah, batas pengumpulannya sampai diundur. Pengerjaan WS inilah yang jadi “sweet” memory. Awalnya ngerjain sendiri. Eh ternyata nggak selesai – selesai. Nanya sana sini, belum selesai juga. Dan mentoknya, minta ajarin sama Riska. FYI, Riska ini adalah salah satu teman saya di Fasilkom yang paling deket, selain Suci tentu saja :”). Aku sama Suci ke kosan Riska jam 3an. Targetnya sih jam 9 malam selesai, biar besoknya bisa ngerjain yang lain. Saat itu lagi badai – badainya tugas dan tugas akhir. Mulai dari tugas akhir PSD (Pengantar Sistem Dijital), proyek akhir MPKT, tugas akhir Fisdas 2, tugas 2 SDA. Ternyata target itu hanya wacana. Sampai jam 4 pagi, itu WS belum selesai juga. Pengen nangis banget! Huaaaaaaaaaa. Tapi setelah menerima pencerahan dari sana sini, selesai jugalah itu WS. Ini pertama kalinya kami bertiga ngoding semaleman di kamar kosan Riska demi menyelesaikan WS.

Petualangan kami lainnya adalah petualangan bersama kuis pemrograman. Kami hanya diberi waktu 2 jam untuk membuat program sebagai  penyelesaian suatu masalah. Ada 3 kuis di semester ini. Dari ketiga kuis tersebut aku nggak pernah dapat 100 :’(. Tapi untuknya nilai nggak cuma diambil dari gradernya sih, tapi program kita dinilai juga sama asisten dosen. Alhamdulillah, jadi setidaknya ada nilainya.

Selanjutnya tugas besar :”). Ada 2 tugas di semester ini. Sebenarnya sama aja sih sama kuis dan WS. Yang ngebedain di sini adalah tingkat kesulitannya dan waktu pengerjaannya. Tugas lebih susah dari kuis dan WS. Kami diberi tenggang waktu 3 minggu untuk tugas 1 dan 2 minggu untuk tugas 2. Di sini penilaian benar – benar ketat. Selain dari grader dan penilaian demo (presentasi di depan asdos), program kita juga akan diperiksa oleh suatu software anti plagiarisme. Nantinya akan ketahuan siapa yang melakukan plagiarisme. Kalau program kita kemiripannya lebih dari 80% (CMIIW, seingetku 80%) dengan milik orang lain, itu akan dianggap sebagai tindakan plagiarisme. Tentu aja ada sanksinya kalau ketahuan melakukan tindakan itu. Kalau masih 1 kali, nilai tugas dianggap nol. Kalau untuk yang kedua kalinya, nilai SDA akan dikasih E! Untuk tugas pertama, aku nyelesaiin di kampus. Manfaatin waktu di sela kuliah dan setelah kuliah. Nanya ke sana ke mari, konsultasi sama asdos, dan lebih memperhatikan kalau Pak Bayu lagi ngejelasin, terutama tentang tugas. Nah yang menjadi “sweet” memory berikutnya adalah tugas 2! Kali ini terulang kembali, nginep di kosan Riska, bersama Suci :3 . Semaleman ngoding bersama mereka kembali :”). Beneran sampai pagi loh. Bahkan sampai pagi itu belum terselesaikan juga. Oh ya, pada saat mereka berdua udah dapet nilai 60, aku masih 20. Sedihnyaaaaaa L. Kabarnya sih ada 2 testcase yang salah, jadi maksimal nilainya masih 60. Setelah bener – bener mentok, aku coba minta periksain si Febry Antonius. Ternyata salah di mana saudara – saudara??????? Ternyata salahnya SEPELE! Hanya salah pakai template program! Masya Allah, itu kecerobohan bener – bener ya! Buat pelajaran aja sih, mudah – mudahan kecerobohan seperti itu nggak dilakukan lagi. :”) Setelah pakai template yang seharusnya, akhirnya selesai! Sesederhana itu ternyata 🙂

Petualangan terakhir adalah UTS dan UAS. Perlu persiapan matang buat ngadepin UTS dan UAS SDA. Boleh bawa catetan di kertas A4 bolak balik. Belajarnya macem – macem, mulai dari baca slide, ngerjain soal tahun lalu, tanya – tanya ke temen, dan ikut asistensi. Ujiannya Ya Allah, menguras pikiran! Kalau tidak salah waktunya 3 jam. Ini ujian yang paling bikin badan pegel, bikin haus (untung bawa minum), dan bikin laper. Prinsipnya sih masuk, kerjakan, lupakan! Biar nggak nyesel juga kalau ternyata kita kurang teliti. Lulus aja alhamdulillah bersyukur banget :”)

Ya itulah sedikit petualangan aku dan teman – teman bersama SDA. Sedikit? Ya sedikit, karena emang banyak keringat dan tangis yang tidak tertulis di sini. Makasiih banyak buat Suci dan Riska untuk “ngoding semalam”nya dan teman – teman Kawung yang udah mau berbagi J. Dan terima kasih untuk SDA, atas sensasi yang kau berikan 1 semester ini. Semoga nanti kami bisa menjadi lebih baik lagi yaa..

Iklan

6 pemikiran pada “Struktur Data dan Algoritma :”)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s